Pages

Rabu, 03 Oktober 2012

Berapa Lama Otot Bisa Pulih Setelah Latihan Berat ?? Written by rifkiputra. Posted in kesehatan :pertamax

kembali lagi copzpers kali ini saya share lagi Pernahkah kamu melakukan olahraga berat dalam waktu yang cukup lama ?? pasti yang kamu rasakan setelah melakukannya adalah badan serasa pegal-pegal dan sakit semuanya kan ?? Nah, berikut ada artikel menarik yang saya sadur dari Livestrong mengenai hal ini.

Yup, memang benar, Setelah latihan-latihan berat, tubuhmu mengalami banyak perubahan untuk memperbaiki jaringan otot yang rusak. Pemulihan waktu antara latihan bervariasi berdasarkan gaya pelatihan, tingkat kebugaran dan kelompok otot. Waktu pemulihan standar adalah 48 jam istirahat sebelum melatih kembali kelompok otot yang sama.

Kesakitan otot

Setelah sesi latihan beban secara intensif mungkin badanmu akan mengalami rasa sakit ringan dan pembengkakan pada otot. Ini adalah hasil akumulasi cairan yang terjadi dalam otot. Ini nyeri akut atau nyeri bisa berlangsung hanya beberapa menit atau sampai beberapa jam segera setelah latihan. Rasa sakit otot yang paling umum sebagaimana dimaksud dalam delayed-onset muscle soreness (rasa nyeri pada otot yang tertunda setelah latihan) , atau DOM. DOM adalah nyeri otot yang baru terasa satu atau dua hari setelah latihan berat dan biasanya berlangsung selama dua sampai empat hari setelah latihan. rasa sakit ini adalah hasil dari  pembengkakan dan ketegangan pada otot tetapi bisa juga dari perubahan biokimia dalam otot yang meningkatkan sensitivitas saraf, menyebabkan nyeri otot.
DOM biasanya merupakan hasil dari aksi otot eksentrik dan terkait dengan kerusakan otot yang sebenarnya. tindakan otot Eccentric adalah perpanjangan otot, sedangkan, tindakan otot konsentrik adalah pemendekan otot. Sebagai contoh, berlari menurun  atau gerakan ke bawah dari bisep curl merupakan tindakan otot eksentrik. Selama dua sampai empat hari DOM, akan ada kehilangan kekuatan dalam otot, tetapi biasanya kembali dalam waktu lima hari setelah pertarungan latihan awal. DOM dapat diminimalkan secara bertahap dengan cara meningkatkan intensitas latihan  dan mengurangi jumlah kamu melakukan gerakan-gerakan eksentrik. Namun, DOM juga penting untuk merangsang pertumbuhan otot dan mungkin diperlukan untuk memaksimalkan respon pelatihan.
Biasanya saat nyeri otot, mungkin memakan waktu satu sampai dua minggu untuk kekuatan otot penuh untuk kembali. Hilangnya kekuatan mungkin disebabkan dari perubahan dalam keseimbangan otot kalsium dan produksi energi, pemulihan miskin energi otot selama periode ini atau penurunan kandungan protein otot.

Saat akan kembali Latihan Lagi
Selalu mengistirahatkan otot setidaknya 48 jam sebelum pelatihan kembali lagi. Jika kamu  masih mengalami nyeri otot, sakit atau bengkak setelah 48 jam, tunggu beberapa hari sampai beberapa tambahan rasa sakit telah surut sebelum melakukan latihan otot lagi. lakukan latihan otot-otot terpisah setiap hari, tetapi hanya seminggu sekali, memungkinkan seminggu penuh istirahat untuk kelompok otot individu untuk memastikan waktu pemulihan maksimum. Sebagai contoh, latihan di dada dan trisep setiap Senin, bagian kaki Selasa, lalu Kamis melatih bahu dan jumat kamu bisa melatih bisep. Setelah itu mungkin kamu bisa melakukan istrahat selama seminggu untuk memulihkan kondisi ototmu.
cukup sekian ya dont forget follow my twitte di @AsehBrayy

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar